Saturday, November 29, 2008

Sepatu bola

Sepatu Bola 'Tiempo Super Ligera' Hadir Di Asia
02 November 2008 00:22


cooldesak - Menyambut kompetisi ASEAN Football Federation (AFF) CUP 2008 di awal bulan Desember 2008 mendatang, Nike - perusahaan dunia yang terkemuka di bidang rancangan, pemasaran dan distribusi sepatu atlet, busana, perlengkapan dan aksesoris untuk beragam jenis olahraga dan aktivitas tubuh – memperkenalkan rancangan sepatu bola terbarunya, Tiempo Super Ligera, sepatu yang dirancang secara khusus untuk para pemain bola di Asia.

Tiempo Super Ligera ini merupakan hasil kerjasama Nike dengan perancang sepatu olahraga berpengalaman lulusan dari Southern Illinois University, Doug Wilken untuk memenuhi permintaan para pemain bola asal Asia akan sepatu bola yang memiliki performa tinggi, sangat ringan namun tetap memiliki kekuatan.

Awal muasal alasan utama terciptanya Tiempo Super Ligera ini, untuk memenuhi harapan para pemain bola Bukatsu asal Jepang untuk dapat mendukung penampilan performa ketika mereka bermain di lapangan. Namun dari hasil survey yang dilakukan Nike dan pencipta kepada pemain bola tentang jenis sepatu yang diinginkan, diperoleh insight bahwa sepatu bola yang diperlukan harus lebih ringan dan fleksibel atau lentur, dapat memberikan ruang lebih di bagian kaki depan sehingga dapat mengikuti bentuk dari kaki pemain. Dan tidak berdasarkan asumsi bahwa pemain Asia memerlukan sepatu bola yang dapat digunakan ketika bermain di lapangan yang keras (hard ground) yang seringkali membebani sepatu pemain ketika mereka menggunakan sepatu bola yang berat dan tangguh.

“Saat ini tidak banyak tersedianya sepatu bola yang dirancang khusus untuk pemain bola asal Negara Asia. Hadirnya Tiempo Super Ligera ini, yang dirancang dengan spesifikasi unik dapat memenuhi kebutuhan pemain bola Asia untuk mendukung peningkatkan performa permainan mereka di lapangan,” jelas Jeffry Chendana, EKIN Nike Indonesia. Lebih lanjut, “Disain bentuk dari Tiempo Super Ligera ini lebih lebar dari sepatu bola pada umumnya, dengan tambahan leher sepatu yang dapat lebih memberikan kelenturan atau fleksibilitas dan keleluasaan,” tambah Jeffry.

Konstruksi rancangan sepatu Tiempo Super Ligera ini menitik beratkan pada area khusus yang digunakan kaki pemain dan lapisan alas (Nike-Grind) untuk dapat memberikan perlindungan terhadap kaki pemakai dan memperkuat sepatu tanpa memberikan beban tambahan pada sepatu. Dengan tambahan gusseted tongue, kaki dapat terhindar dari iritasi yang diakibatkan oleh debu dan pasir yang masuk ke dalam sepatu ketika bermain. Elemen-elemen reflektif, pun, ditambahkan dibagian atas sepatu untuk permain yang melakukan pertandingan di waktu senja hari.

Bentuk dan ukuran dari rancangan ini dipersembahkan untuk memberikan kenyamanan yang superior dengan menghilangkan banyak reinforcement dan memungkinkan bahan-bahan yang digunakan dapat menyesuaikan dengan kaki pengguna. Bahan-bahan terpilih merupakan bahan yang lembut dan halus untuk mencegah luka pada kaki karena gesekan dan membantu bentuk bagian atas sepatu membungkus kaki dengan baik dan nyaman. (ind/foto:dok)

No comments: